I Have Own Book ... Now!

Monday, July 03, 2006

By Sam (03072006-05.07)
Langkahku



“Halo Mas Sam, … ini Nunik,”
“Sam … baru datang ya?”
“Ini pasti Sam!”
“Apa kabar … Sam!”

..............

Sapaan-sapaan ini begitu hangat dan mengejutkan sekaligus membuatku bertanya-tanya siapakah yang menyapa ini. Berulangkali aku yakinkan bahwa ini adalah 10 (minus Koko) rekan-rekanku yang selama ini sudah sangat akrab aku kenal di forum blogfam ataupun rapat-rapat sore lewat Yahoo Messenger. Seakan tak percaya kalau ini adalah mereka. Beberapa diantaranya jauh dari bayanganku dan beberapa tepat seperti yang aku duga. Syl tentunya telah beberapa kali ketemu denganku, termasuk juga dengan Lili. Sedangkan Rara, Iwok, Eben, entah photo tahun berapa yang selalu mereka pampang hingga aku trepana kala jumpa. Selebihnya Asti, Rani, Ryu, Gabby, dan Nunik sama sekali belum pernah ketahu penampakannya. Wajarlah bila pertemuan pertama hari ini saat peluncuran buku hajatan pertama kami begitu unik dan mencengangkan. Beruntung saja photo di headerku selalu update tak lebih dari photo 3 bulan lalu sehingga dengan mudah yang lain mengenaliku lebih dahulu. Kalaupun ada distorsi pastilah mereka menganggap “tak seindah warna aslinya’ (hahaha).

Photobucket - Video and Image Hosting

Kedekatan kami terikat saat Blogfam (diwakili Mbak Sa) menjalin kerjasama dengan penerbit Cinta (Mas Benny) untuk menjaring naskah-naskah kategory Chicken Soup remaja dari anggota blogfam untuk di terbitkan. Selama kurang lebih satu semester proses pengumpulan hingga penerbitan berlangsung, dan terpilihlah 15 cerita dari 12 penulis yang bertitik berat pada cerita remaja dan permasalahannya dengan orang tua. Sebagai proyek penerbitan buku pertama, konsep maupun kolaborasi berbagai pihak yang terbangun didalamnya patut diacungi jempol mengingat semua proses ini kebanyakan berlangsung online dan tidak pernah ketemu darat karena masing-masing pihak tidak tinggal di satu kota. Mbak Sa di Belanda, Beny di Bandung, Maknyak di Kanada dan beberapa kontributor yang tersebar di Makasar, Australia, Batam, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Palembang dan Jakarta sendiri. Tidak mudah untuk menyatukan kata dan pikiran untuk membulatkan permasalahan konsep, promosi, cover dan berbagai masalah berekor lainnya. Beruntunglah semangat kebersamaan yang kami miliki sedemikian mengakar sehingga tanggal 24 Juni lalu “Buku Teen Word-Ortu Kenapa Sih” telah terbit dan beredar. Dan Sabtu, 2 Juli 2006 kami bisa berkumpul di MP Book Point untuk melaunching Buku hajatan pertama kami ini. “oh God! I have Own Book Now!”. Girang kami meluap!

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting


Hajatan saat launching ini demikian kental dengan persiapan dan peluh kesediaan untuk saling meringankan hanya karena kami ingin memberikan yang terbaik diawal langkah kami. Bahkan malam sebelumnya telah diawali dengan siaran radio di Pesona FM. Lili jauh hari telah tersibukkan dengan mengurus administrasi dan segala kerepotan menjadi ibu bagi kami, Rara dengan berbagai promosinya, Syl dengan kanvas pesan-pesannya dan beberapa rekan yang punya tugas “khusus” masing-masing yang tak kalah disibukkannya. Tak kecuali Host dadakan Mamat yang menggantikan Syafrina yang tak bisa hadir. Sepertinya hari sedemikian panjang dan mendebarkan menunggu tanggal 2 Juli pukul 3 sore! Dan detik detik di tanggal 2 Juli semakin merambat karena tak terbilang banyaknya buku yang mesti saling kami tanda tangani. Tak ayal tawa dan canda kamipun sering pecah menutup waktu yang melambat.

Photobucket - Video and Image Hosting


Kurang lebih pukul 3 sore beberapa rekan Blogfam telah hadir demikian juga dengan beberapa undangan dari media juga sanak dan saudara. Terbilang 50-an orang hadir di halaman belakang MP book point yang teduh meramaikan launching buku kami yang dipandu kekocakan Mamat. Rasanya cemas dan kecanggungan kami luntur karena suasana sedemikian konduktif dan akrab ala Blogfam mulai terasa. Iwok, Benny, Rara dan Gabby cukup ringan membawakan materi mereka demikian juga dengan hadirin, mereka cukup antusias dan akrab. Acara mengalir tanpa beban hingga sesi quis dan juga beberapa kesan dari penulis. Hebatnya lagi ada tersisip testimoni dari orang tua Rani dan Rara yang turut hadirpun seakan memberikan warna tersendiri di sore ini. Acara ditutup dengan launching buku berupa penandatanganan secara simbolis cover buku “Teen World-Ortu Kenapa Sih” oleh masing-masing penulis, photo bersama dan dilanjutkan dengan acara makan dan keakraban.

Photobucket - Video and Image Hosting


Acara Bebaspun mengalir setelahnya. Apalagi kalau bukan karaoke! Kami ber-14 termasuk Dahlia cs dan Yaya berhamburan menuju Inul Viesta di Plasa semanggi lantai 6 ruang deluxe 28 untuk adu heboh menunjukkan bakat alam menarik urat leher dan menggoyang pinggul. Tak puas dengan lagu-lagu terkini, lagu jadul dangdut dan indiapun tak mau kalah diteriakkan. Tak sangka blogfam tak hanya punya talent handal dalam menulis tapi juga jago-jago meneriakkan nada-nada minor sembari ala penari Bombay. Tak ada malu taka da ragu semuanya … tarik mang!

Malam ini pesta telah usai. Bagai bola pijar buku itu telah ada ditangan kami para penulis. Sudah menjadi tanggung jawab moral kami untuk memahami bahwa tujuan akhir kami bukanlah sekedar menerbitkan tulisan kami, sekedar “pernah” publish. Jauh dari itu kami harus mengerti bahwa “Pilot Project” ini harus bisa berkesinambungan bisa memberikan efect bola salju dan domino secara berkelanjutan. Saatnya bagi kami untuk melakukan “self promotion” sendiri untuk memasarkan buku ini dan saatnya bagi kami untuk mengambil pelajaran dari proyek hajatan ini untuk memandirikan kami agar mampu menerbitkan buku sendiri. Hingga apa yang kami punya tak sekedar lewat tak sekedar “pernah ada”!


Setangkup Terima kasih bagimu rekan-rekanku
yang selalu kulupa menuturkannya
Terima kasih atas satu warna yang hari ini
Saling kita toreh di langkah kita

posted by Be Samyono @ 7/03/2006 05:10:00 PM -

21 Comments:

Blogger Nahria Medina Marzuki said...

1 word for u, mas:

Salute!

5:53 PM  
Blogger ruanee said...

horeeee...^^

6:00 PM  
Blogger sa said...

"Halo Sam, ini mbak Sa."
--> ga mungkin ya. :D

*masih mupeng nunggu bukunya.*

sa
sketsahati.com

8:39 PM  
Blogger IndraPr said...

Sekali lagi.. selamat... rame ya acaranya... :)

9:14 PM  
Blogger imgar said...

gimana cara dapet buku yang ada tanda tangan penulisnya ? :D
selamat ya..

4:25 AM  
Blogger -syl- said...

Cihuuuyyy!!!

7:46 AM  
Blogger unai said...

Selamat bro...aku mauuuu ang ada tanda tangannya...
Bangganya aku punya sodara hebat kek kamu mas

10:00 AM  
Blogger Lili said...

wooooi, photo na keren2 pisan...aku malah belum sempat upload...masih busy sedikit..urusan lain tentunya

Kehadiran Sam membuat suasana semakin lengkap sabtu kemarin, thanks yaaa...
terus berkarya...multy talented..he.he..

10:50 AM  
Blogger ime' said...

wekekekekekekekek... selamat ya Sam buat bukunya...

mmmm... makes me wonder, kapan yah gue terbit'in buku? :( *pengen banget :(*

11:25 AM  
Blogger isna_nk said...

congratulation mas....!

bukunya buat oleh-oleh kalau pulang ke Jogja ya... hehe :P

11:14 AM  
Blogger fmayaa said...

Congrat atas bukunya.. nyusull

1:03 PM  
Blogger -syl- said...

Sam, gue culik ya fotonya atu.. hehehe.. makasiiihhh **kaburr**

2:52 PM  
Blogger Rara Vebles said...

Congrat.. *berharap.com* dapet kiriman buku yg udah ditandatangani..:P

3:57 PM  
Blogger Apey said...

Sam! I'm proud to be one of your big fan...success all the way ya :)

4:21 PM  
Blogger Luigi said...

Selamat dan sukses, yah! - aku dah tau dari saat kenal - bhw Cah bagus yg satu ini emang produktif :)

Hugs from West Africa, Indeed..

8:02 PM  
Blogger We-win said...

Selamat atas buku nya ya Mr Sam !!!!....keren deh.....boleh nih dapat satu copy plus tandatangan nya.....hehehehe.....

8:04 PM  
Blogger akbarfajar said...

pak tandatangannya dong :) salam ah sam

8:02 AM  
Blogger ajitekom said...

Selamat atas launching buku perdananya Mas Sam ! tetap terus berkarya !
-Ajie-
http://kodokijo.indika.net.id

9:37 AM  
Blogger Barry said...

Bisa minta tanda tangan sudah itu dikirim kemari ngga? :D

Selamat ya.

2:46 AM  
Blogger Sisca said...

Pokoknya Selamat dan Sukses!!!! bangga banget punya sahabat maya sepertimu..tetaplah berkarya untuk menyadarkan pikiran para pembaca :)

2:28 AM  
Blogger Hartanto said...

hmm... Buku kayak gini harus ada disemua jenis perpustakaan, haruss!!!! nitip salam buat mereka, para pustakawan yang enggan menjadikan buku ini sebagai salah satu koleksinya. TANYA KENnapa..?

Iya sih, buku ini harus ada dalam sebuah perpustakaan. dan itu nyaris untuk semua jenis perpustakaan karena Blog adalah fenomena yang harus ditangkep dengan baik oleh dunia kepustakaan. buku ini merefleksikan bagaimana sesuatu yang baru muncul dan dibukukan sebagai sebuah monumen untuk menjadikan pijakan dalam menulis sejarah.

Sam, sori koment-nya agak panjang. Saluttt untuk semangat membuat buku ini. karena yang demikian adalah sebuah kegiatan mendokumentasi yang kelak akan bisa jadi pelajaran amat berharga yang bisa dipetik oleh para junior, para anak cucu. ;-)

sori again, koment-ku gak asik dan panjang...

go Sam, go..!!

6:43 PM  

Post a Comment

<< Home