Sejenak Aku Menoleh

Friday, February 03, 2006


By Sam (03022006.11.25)
Secarik Perenungan



Logis, praktis dan realistis, mungkin itulah sedikit banyak yang dibaca rekan-rekanku di benak kepalaku. Mereka tahu beberapa pemikiran dan pandanganku termasuk juga hidupku yang menatap kedepan bukan berkaca kebelakang. Tapi entahlah pergantian tahun yang baru tergenapi satu bulan ini membawa aura yang jelas berbeda. Seketika aku ingin diam sejenak menoleh kebelakang. Menoleh pada blogku!

Belakangan ini keseriusanku terfokus pada file-file back up semua tulisan di blogku. Sejak mulai online tahun lalu semua tulisan aku kumpulkan berdasarkan file perbulan yang tidak saja kusimpan di komputer kantor ataupun laptop tapi juga PDA. Hal ini memudahkanku untuk kembali menulis atau mereviewnya kapanpun aku inginkan. File dalam bentuk MS Words ini tak lain adalah draft awal semua tulisanku di blog. Wajar bila tanpa picture atau hal lainnya. Plain dan sederhana. Sejauh ini telah ada 14 file bulanan dengan beberapa tulisan di dalamnya.

Pekan lalu tiba-tiba sebersit keinginan terlintas untuk mempunyai copy file maupun hard copy semua tulisanku selama ini dalam bentuk final. Dalam arti telah ada picture sisipan beserta comment persis seperti yang tampil di blogku. Bagiku ini sesuatu yang beda antara bentuk draft tulisan dan bentuk finalnya. Lihat saja, dalam bentuk final telah terdapat interaksi dan komunikasi dengan blogger lain disana. Ada cerita lebih dari sekedar tulisan. Bahkan saat membacanya kembali seakan mengulurkan benang-benang merah dengan masa lalu, dengan tulisan-tulisan yang tak hanya berceloteh tentang satu cerita tapi juga pemikiran dan pandangan yang di timpa dengan komentar majemuk rekan-rekan blog. Ini bener-bener unik dan luar biasa.

Bisa jadi aku akan sangat kerepotan karena yang aku inginkan tercover hanyalah body tulisannya saja. Sehingga beberapa langkah harus sabar aku ambil untuk mendapat file yang siap untuk dibuat arsip hard copynya. Mengingat telah ada 120 tulisan disana selama 14 bulanan ini. Jadi bila bicara mengenai statistiknya akan ada rata rata 7-9 tulisan perbulannya … tak sangka! Bagi aku ini sangat mencengangkan karena konsep awal masuk blog hanyalah sekedar menemukan rasa hasrat menulisku yang sempat hangus. Bahkan lebih mencengangkan karena dengan blog inilah kutemui orang-orang yang sedemikian hebat yang menjadi irisan dalam hidupku. Orang-orang yang aku panggil sebagai sahabat juga saudara … sungguh tak terbayangkan sebelumnya.

Sesaat aku baca kembali tulisan laluku ada banyak hal bertutur disana. Tentang diriku dan keseharianku, diri mereka yang didekatku bahkan pandangan dan pemikiranku. Semuanya tertulis untuk menjadikan satu inspirasi bagi yang lain. Inspirasi bahwa ada pandangan dan pemikiran yang mungkin justru beda, menggelitik bahkan bisa jadi bertentangan. Tak masalah karena inilah dunia kecil yang sama-sama saling kita ciptakan.

Kedengarannya akan sungguh rumit bila aku kata bahwa satu blog itu perlu satu konsep. Konsep akan tujuan yang ingin dicapai, konsep akan tulisan yang konsisten dan berbagai konsep yang kita anut dan tentukan hingga satu blog akan mencerminkan satu IDENTITAS tersendiri yang membedakan dengan blog lainnya. Dan hal itulah yang selalu aku upayakan ada dalam blogku sehingga wajar selalu ada beberapa kesamaan basic disetiap tulisan dan layout didalamnya ... ada sepenggal inspirasi yang hadir disana. Dan bagiku sendiri menulis bukanlah sesuatu seni yang tergantung mood tapi lebih dari itu menulis adalah SENI dalam KEDISPLINAN. Tulisan harus hadir karena kedisplinan bukan karena mood semata! Tujuan akhirnya konsistenitas tulisan menjadi sangat terjaga.

Blog adalah satu bentuk kerja keras dan kedisplinan hingga ku inginkan ada sesuatu yang bisa di manfaatkan dan diingat akan keberadaannya. Sungguh sayang bila dia hadir sekedar lalu tanpa bekas dan arah. Hanyalah bagai debu di dedaunan yang keesokan harinya akan terhapuskan oleh tetes embun pagi.

Tidak sekedar datang dan kembali menguap!

posted by kinanthi sophia ambalika @ 2/03/2006 04:32:00 PM -

7 Comments:

Blogger mamat ! said...

Sukses untuk 'filingnya' yah. Hidup memang untuk melihat ke depan, bukan ke belakang. Tapi tanpa ada kemarin, tak mungkin akan ada hari ini kan ?

But, i agreed with you, menulis adalah sebuah bentuk kedisiplinan.

Salam

8:31 AM  
Blogger yaya said...

Yaya setuju kalo blog bisa mencerminkan identitas si pemilik blog.
Tapi kadang2 dilema juga yah kalo gini, secara tulisanku sebagian besar mellow gitu, orang suka salah tangkap kl aku orangnya jg mellow. Bener siih, but not entirely true lhooo..

Yaah, tapi kl masih dalam jalur positif gak apa2 kaan mas? :)

Btw, patut ditiru tuh memfiling semua postingan2 kita di blog, tapi 540 postinganku?? errr...gak cukup sebulan kali yeee..

2:50 PM  
Blogger Goiq said...

meskipun isi blog gw cuma cerita-cerita ga jelas, tp gw tetep menyimpan dengan rapi satu demi satu yang pernah gw posting di blog gw. gw setuju ama mamat. ga ada hari ini kalo ga ada kemaren. kadang kita perlu juga belajar dari pengalaman masa lalu. atau mungkin sekedar melepas kepenatan otak dengan membaca kisah-kisah kemaren...yang mungkin saja bisa membuat kita berteriak. oooooo...kok gw bisa nulis begini sih... gyahahaha

10:02 PM  
Blogger dahlia said...

wah klo boleh ganti judul jangan
"sejenak " duong..


jujur neh pas buka blog ini, jadi roll ke atas mulu

serasa diliati ama yang punya

*tersenyum malu*

2:17 PM  
Blogger Paulus said...

kalo jadi dibikin hard copyna, jangan lupa kirim saya satu ya :p

11:36 PM  
Blogger Unknown said...

setujuuuuuuuuuuuuuuuuuu acungkan raket tenis yang itu :D

2:04 PM  
Blogger Sisca said...

Mas Sam,

Lirik blogmu, beralih ke blogku...berasa...jauhhhh...bedanya

Kok Nancap banget ulasannya, jadi malu...*tutup mata*

6:28 AM  

Post a Comment

<< Home