Back To The Gym

Saturday, January 21, 2006


By Sam (20012006.17.48)
Secarik Langkah



Seingatku terakhir aku menginjakkan kaki di gym tahun 2000 lalu di Apartemen Taman Sejahtera Jogjakarta. Program 3 bulan membership kala itu aku ambil bersama rekan kuliah karena kebingungan mau olah raga apa. Kalau ingat betapa mubazirnya ikut fitness kala itu. Tidak saja karena waktu latihan hanya kami gunakan untuk renang santai dan duduk di sepeda statis. Tapi juga waktu seusai dari gym kami banyak dihabiskan di tempat-tempat makan favorite kami. Lelah dan lapar selalu jadi alasan untuk melonggarkan program peras keringat kami! Semuanya jadi percuma!

Awal tahun inipun akhirnya dengan pertimbangan panjang kali lebar dan masih dikalikan dengan tinggi aku kembali ke gym. Diantara sekian banyak alasan karena musim hujan begini kegiatan tennis seringkali tak bisa beraktifitas, belum lagi pertumbuhan kesamping badan ini harus segera di tindaklanjuti. Dan kalau mau berfikir lebih ilmiah lagi sepertinya segala aktifitas keseharianku serta pola makan yang ada, membuat badanku kurang gerak sehingga seringkali kebugaran dan kenyamanan beraktifitas mulai menurun. Maksud hati … lebih memilih untuk mengayuh sepeda atau jogging di pagi hari, atau bila mungkin renang di hari yang lain. Tapi rasanya keinginan ini harus cepat aku kubur. Jakarta bukanlah jogja dimana udara bersih masih layak untuk dihirup belum lagi kemacetan disana sini kurasa semangatku akan terkuras sebelum sampai tempat tujuan. Gym menjadi pilihan paling tepat. Selain letaknya kebanyakan di dalam kota, waktu aktifitaspun bisa kapan saja, belum lagi keragaman fasilitas tambahannya ada seperti squash, pingpong juga …kadang ada renang!

Clark & Hatch Metropolitan aku pilih karena sekali lagi tak jauh dari kantor disinipun ada beberapa rekan tennis yang telah menjadi member disana. Setidaknya sebagai pemula aku telah mematok target seminggu tiga kali harus hadir untuk lebih memaksimalkan membershipku. Saat hari pertama masuk gym kudapati 2 kelompok disana yang cukup dominan. Disatu sisi ada kelompok orang-orang yang amat sangat hiper sekali dalam membentuk tubuh. Datang hampir tiap hari, memuja bentuk tubuh dan rela berkeringat dengan menganggkat beban berkilo-kilo melebihi berat badanku. Disisi lain kelompok yang melihat gym sebagai social style. Mereka lebih suka bersantai di treat mill atau static bike dengan majalah ditangannya, nongkrong di sekeliling meja bar, dan tak tampak keringat di bajunya meski model pakaian mereka tak kalah dengan kelompok yang pertama.

Sementara aku melihat diriku …. ? apakah aku masuk salah satu kelompok diantaranya? Akh. Aku ingin tertawa sendiri. Jujur saja fitness bukan olahraga yang aku suka. Aku merasa tak bebas untuk teriak atau berjingkrak-jingkrak seperti yang seringkali aku lakukan dilapangan tennis, aku bagai kehilangan rasa kompetisi layaknya sebuah permainan. Tapi aku sudah disini. Mau tak mau aku harus menetapkan tujuan sendiri untuk latihanku agar keberadaanku disini tak aku sesali. Kupikir mungking metode ASKRING = asal kringetan lebih cocok untukku. Karena tujuan utamaku disini adalah bugar secara stamina dan sehat. Sehingga aku lebih suka berlama-lama di treatmill untuk mempertahankan kondisi staminaku atau ikut kelas yoga, salsa misalnya. Untuk latihan beban aku berupaya untuk tak over training kawatir proporsi yang tak seimbang antara besar otot dan tinggiku membuat aku seperti PENDEKAR = pendek dan kekar. Atau malah beban-beban itu membuat aku makin pendek …. hahaha. Fokusku hanya pada perut yang belakangan ini lebih menyerupai Mrs six month pack daripada Mr. six pack….

……………………

Pagi ini sobatku Citra muncul di YM dengan pertanyaan seputar hari pertamaku di gym.

“Gimana fitness-nya”
“Ok ……………… kok!”
“Entar makin berotot gitu dong!”
“Jelas gaklah, aku khan bukan niat mo gedhein badan”
“Loh trus buat apa ikutan fitness?”
“Yah ,biar badan lentur aja?” Jawabku berdalih sekenanya.”
“Mmmm … kalau gitu bukannya mending loe ikutan BALLET?”

Duh! Serasa mati kutu!

posted by kinanthi sophia ambalika @ 1/21/2006 12:04:00 AM -

5 Comments:

Blogger nl said...

wah..
awal tahun begini banyak yang bersemangat ya..
fitness ? dulu pernah, cuma tahan sebulan doang.. :p

3:05 AM  
Blogger Leo said...

Met kenal juga dan met fitness...
saya sekarang kembali berenang dan lagi cari2 info kursus gymnastic :D

3:39 AM  
Blogger yaya said...

Hahahahaha..bener jg tuh. Tennis udah..Gym udah...ballet donk sekaraang..

5:36 PM  
Blogger mamat ! said...

Yoga sekalian juga Sam ..

11:58 AM  
Blogger pangkey said...

hahahaa.... setuju..
kalo mo lentur ngapain ikutan gym.. kursus balet aja..

dasar... orang yang annneeehhh...

12:48 AM  

Post a Comment

<< Home