Dia Yang Serupa Dengan Kita

Monday, April 11, 2005

By Sam (100405.21.25)

Kreatif juga pikirku. Melihat upaya sobatku Dody (http://dodymania.blogspot.com/) untuk mengumpulkan rekan-rekan yang bernama sama DODY! (apapun ejaan dan pengucapannya … dimanapun itu terletak). Mulai dari menjaringnya di Friendster hingga copy darat. Anggotanyapun tak tanggung karena mencapai angka ratusan. Bisa kubayangkan bila hal sama dilakukan bagi orang yang bernama Bambang, Agus, Budi, Sri atau Endang mungkin jumlahnya akan tak terkira.

Pikirku tergelitik untuk mempertanyakan apakah diantara sekian ratus juta penduduk Indonesia ini akan ada, setidaknya ada satu orang yang mempunyai kemiripan dengan kita. Entah nama yang sama, rupa, perawakan, perilaku atau mungkin juga ternyata kita punya saudara kembar yang tak pernah kita bayangkan keberadaanya. Pastinya, aku pernah menemukan nama orang yang persis nama lengkapku .. seorang dokter di Sumatra, meski belum pernah bertemu muka. Dan beberapa kali pula orang-orang memiripkan aku dengan si ini dan si itu, atau salah sangka mengira aku ada hubungan dengan si anu atau anunya si anu. Mmmm ....!

Bisa jadi hal-hal umum diatas amat sangat sering terjadi di keseharian kita. Tapi pernahkan kita mendapat hal istimewa dimana kita dipertemukan dengan seseorang yang lebih unik dari itu. Bisa jadi dia bukan siapa-siapa kita, bukan saja nama, mungkin rupa perawakan bahkan sifatnyapun berbeda dengan kita. Uniknya dia mempunyai pikiran yang sejalan dengan kita. Tak perlu kita kata isi kepala kita, dia akan paham dan mengerti apa yang kita pikirkan. Begitu indahnya sehingga kita bisa bersinergi dengan pikirannya dan tak ada kata ragu untuk meletakkan hidup kita di telapak tangannya. Menumpahkan tangis juga bahak ketawa di dadanya. Karena bagi kita ... ”Dia serupa dengan kita“. Ibarat satu kepala dengan dua raga.

Bisa jadi ini berkah terindah dalam hidup kita bila Tuhan menghadirkan ”dia yang serupa dengan kita“ dalam fase hidup yang kita jalani. Dukungan dan pengertian yang terjalin akan amat sangat menguatkan langkah kita untuk memahami arti hidup ini hingga kita terinspirasi untuk selalu memaknainya lebih baik lagi. Keberadaan dia pun begitu istimewa. Karena pemberiannya bukanlah hal besar dan spesial yang diberi sekali dalam setahun, melainkan hal-hal kecil dan sederhana di tiap waktu. Hal-hal kecil yang sering kita lupa untuk berbagi seperti senyum, simpati, kesediaan atau bahkan kemauan untuk mendengarkan....

Entah mengapa justru dengan ”dia yang serupa dengan kita“ Tuhan seringkali tak mengijinkan dia ada dan hadir untuk menjadi pendamping hidup kita. Menjadikannya sebagai ”Dia yang menjadi belahan jiwa kita“. Entah .... kadang kupertanyakan mengapa. Mungkinkah jawabnya karena Tuhan mengharamkan adanya cinta dan hasrat antara kita dengan malaikat kita atau mungkin Tuhan tak ijinkan kita menikah dengan bayang diri kita karena dia diciptakan tidak untuk membuat kita lena dan rapuh namun untuk membuat kita selalu berkembang dan bertumbuh. Hingga di satu titik ....kita hanya paham untuk mengucap kata syukur karena Tuhan telah melukiskan segurat keindahan dalam hidup kita dengan hadirnya ”Dia yang serupa dengan kita“. Dia ... yang kita sebut: SAHABAT!

Sahabatku.... kusyukuri kehadiranmu!!

posted by Be Samyono @ 4/11/2005 07:33:00 AM -

6 Comments:

Blogger ben said...

ada yang bilang bahwa sahabat tuh lebih dari saudara. dan ternyata benar ! :)

11:28 AM  
Blogger goiq said...

gw punya temen yang nanamnya persis sama kaya nama gw. Arie Ardiansyah. heuheuheue...

11:54 AM  
Blogger akbarfajar said...

Sahabat..Hmm bener dr sebuah persahabatan bisa jadi persaudaraan kadang nilai dan artinya bisa melebihi kadar sedarah atau seturunan gak tahu kenapa..:) dari sebuah persahabatan bisa sangat memberi dan menerima gitu, ikhlas malah tanpa ada nilai ingin timbal balik,
kadang seorang sahabat sangat rela berkorban untuk sahabatnya, makanya jika ingin jadi sahabat jadilah seorang sahabat...Peacee Broo

10:12 AM  
Blogger Nahria Medina Marzuki said...

Mas..di HP Yaya ada 4 nama Irma...tp so far blm nemuin yg namanya nahria medina..hehehe

11:53 AM  
Blogger mamat ! said...

hmmm, tulisan lu makin mantaaaaap. sungguh menyenangkan kalau semua bisa bersinergi dan membentuk jalinan hidup yang indah.
salute to you bro !!

7:53 AM  
Blogger dodY said...

bersyukurlah Tuhan memberikan sahabat terbaik :)

9:12 PM  

Post a Comment

<< Home