Rencana Reunian Mahasiswa Semester Lalu

Thursday, March 24, 2005

By Sam (240305.09.58)
[Click The Title: They are in the Action]

Sepagi ini Hpku terguyur SMS. Mulai dari salam mesra .... (* ehem-ehem!, perhatian, kekawatiran, protes hingga konfirmasi acara hari ini. Diantara beberapa nama yang mampir ternyata ada satu nomor asing yang tak ada di Caller Idku. Kupikir lebih praktis untuk segera membukanya daripada mengira-ngira nomor siapa ... bagiku langkah ini lebih praktis bila tak mau dikatakan aku lemah dalam mengingat no telpon!

Cukup panjang Pesannya:

“Ass.wr.wb....., bgmn kbrnya Pak?, Renc-nya qta mo weekend di puncak 3 hr 2 mlm. Bpk bisa ikut gak? Klau bs diusahaain ya. Plissssssssss ...... sekalian reunian hehe – helmy uai”

Agak berkenyit aku membacanya, begitu banyak singkatan layaknya bahasa SMS yang mengadopsi ejaan telgram. Helmy! Bagaimana aku lupa. Anak tambun ini satu dari 25-an mahasiswaku di Universitas Al-Azhar semester lalu. Dan reunian?...gak salah? Batinku. Kami khan baru terpisah dua bulan lalu. Wah!

Aku tak heran dengan sms kali ini. Keakraban dan kekompakan yang bersama kami ciptakan di 2 mata kuliah yang aku pegang sebelumnya rasanya cukup melekatkan kami hingga sekarang meski semester ini aku libur mengajar. Bisa jadi keterbukaan system mengajar yang aku terapkan dan dekatnya beda usia kami menjadikan kami tak ada batas formalitas. Selain itu aku single ... mungkin ini juga merupakan selling point tersendiri, Duh! Bagiku mengajar tak hanya sebagai profesi, ada satu hasrat tersendiri untuk memposisikan diri sebagai partner dalam mendidik daripada sekedar mengajar atau berbahasa keren ...Transfer ilmu. Mengingat bukan ilmu semata yang kita berikan tapi juga moralitas. Tak jarang dalam kelas diskusi suasana jadi begitu hidup dan bersemangat karenanya. Sepertinya aku harus meminta maaf dengan dosen-dosen senior dengan tanpa mengurangi rasa hormat bahwa tata cara mengajar mereka selama ini .... aku dekonstruksi!

Bila jadi kepergian ini adalah yang kedua. Pertama terjadi saat Helmy sebagai penggerak mengutarakan keinginan teman-temannya untuk melakukan study tour sesuai mata kuliah kelayakan bisnis yang mereka ambil. Mulanya ini sekedar keinginan sambil lalu tapi anggukan dan supportku menjadikan kepergian pertama kami ke Tapos bogor cukup memahat kesan dan kegilaan. Bagaimana tidak. Peserta kali ini menjadi 45 orang, tambahannya justru berasal dari jurusan lain! Asyik saja berada diantara mereka dalam suasana yang sama sekali tak formal. Banyak hal yang terpelajari justru didapatkan di saat saat seperti ini. Suara-suara mereka sebenarnyapun lebih terdengar terlebih lagi hujatan dan pujian mereka.

Dan saat kunjungan ke Tapos ini berakhir banyak mulut berujar.
“Pak di set kunjungan berikutnya ya... ke jogja bagaimana Pak?”
“Bisa nginap tempat Bapak khan?”
“Seminggu gitu loh pak!”

Ehem!

Sms Helmy aku balas dengan kepastian yang tentative, setidaknya aku ada keinginan bergabung mesti tidak full. Paling tidak aku ingin tahu detail schedule mereka untuk menyesuaikan. Ku minta Helmy seperti biasa memaparkan by phone besok pagi.

Click-clik ... sms balasan Helmy kuterima.

“ Thanx Y Boss..!”

posted by kinanthi sophia ambalika @ 3/24/2005 11:26:00 AM -

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

jadi pergi nda sam? :) ayoo pajang foto2nya pasti lebih seru kan??? :)

9:27 AM  

Post a Comment

<< Home