Some Inspiration

Monday, May 07, 2007

By Sam (07052006.17.20)
Langkahku


Dalam Majalah Virtual BlogFam bertajuk BZ, Samwords dan Samlens menjadi review singkat BLOG BULAN INI. Berikut petikannya:

------------------------------------------------------------------


"Ada saat kata dan mata tak lagi tersimpan, ada kala kata mata mesti dibagikan. Meski itu hanya sekedar SOME WORDS, sekedar SOME LENS ... it's just my SAMWORDS & my SAMLENS!"

Sebaris kalimat yang dikutip, seolah menjadi fase pembuka dari blog bulan Mei ini. Pemilik blog ini lahir dengan nama Bambang Samiono, kalangan blogger dan rekan-rekannya lebih mengenalnya sebagai Sam, seseorang yang selalu berusaha memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan.


Samwords merupakan pembelokan dari some words, beberapa kata-kata, yang sekali lagi, merupakan media dokumentasi pemikirannya. Karya dalam blog ini merupakan hasil dari melihat, mendengar, dan merasakan, terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu renung, langkah, cerita dan kewirausahaan. Kesemua pembagian tersebut memiliki sumber inspirasi yang sama. Cerita-cerita yang ditulis oleh Sam, banyak yang berhubungan dengan dia dan lingkungannya. Hal sederhana bisa menjadi inspirasi yang besar baginya. Gaya bahasa yang disampaikan adalah apa adanya. Dengan penggambaran yang bersifat naratif dan deskriptif, pembaca dibawa tidak hanya sebagai pembaca, tetapi juga seolah-olah menjadi bagian dari cerita itu sendiri.

Sam, rupanya belum puas dengan pencapaiannya. Setelah merasa (sementara) cukup mengeksplorasi keinginannya melalui tulisan, Sam mulai menuangkan hobi barunya terhadap fotografi ke dalam blog. Maka sebuah website bertajuk www.samlens.blogspot.com pun dibuatnya. Samlens adalah versi penggambaran visual dari samwords, dalam pengertian ada benang merah yang diambil. Mengenai foto yang ada di samlens, sebagian melalui proses retouch sederhana, hanya sekedar untuk menambah nilai artistik, dan memberi makna yang lebih dalam bagi foto tersebut, agar foto tersebut dapat berbicara lebih banyak dibandingkan tulisan yang berparagraf. Sebagian foto lainnya ditampilkan apa adanya, dalam pengertian foto asli yang memang sudah memiliki arti lebih. Foto-foto dalam samlens ditampilkan dengan penataan letak, komposisi warna, dan penataan cahaya yang seimbang, sehingga menghasilkan foto yang tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi “memaksa” penikmatnya untuk memiliki interpretasi yang lebih dalam. Dengan kata lain, foto-foto dalam samlens berbicara dengan gamblang dan terbuka.


Secara keseluruhan blog-blog Sam, diusahakan memiliki sesuatu yang terkonsep, ada sesuatu yang ingin dicapai, ada target, sehingga perlu adanya strategi. Baginya blogging bukan hanya kegiatan penghilang waktu atau ala kadarnya, tetapi merupakan kebutuhan dan kedisiplinan.

Catatan kaki :
Sam adalah seorang wirausahawan, trainer, dosen, business consultant, dan juga freelancer untuk tulisan di beberapa media. Bersama dengan blogfam telah menghasilkan 3 buah buku, 1 diantaranya dalam proses penerbitan.

Akses langsung ke BZ (klik!)

Labels:

posted by Be Samyono @ 5/07/2007 05:25:00 PM -

6 Comments:

Blogger pyuriko said...

Waahh, selamat yaa mas.

Pingin deh seperti ini, tapi masih perlu banyak belajar :D

Iko tunggu buku yang akan terbit. Sukses slalu...

3:55 PM  
Blogger ime' said...

ckcckkckckck... tambah ngetop aja bung yang satu ini :))

hehehehhe...

12:48 PM  
Blogger Azhar said...

selamet ya mas...

wuih senengnya blognya di review

10:40 AM  
Blogger _i_ said...

congrats... congrats..
memang pantas dan layak deh :)

4:27 PM  
Blogger Iman Brotoseno said...

selamat dan masih panjang jalan itu..mudah mudahan tambah maju

11:31 PM  
Blogger ajitekom a.k.a kodokijo said...

2 jempol buat Mas Sam :)

3:28 PM  

Post a Comment

<< Home